Selasa, 28 Mei 2013

Lingkungan Alam dan Buatan


mari kita belajar lingkungan alam dan buatan.....
                         
                                                              Lingkungan Alam dan Buatan

A.    Lingkungan Alam dan Buatan
-       Lingkungan alam merupakan lingkungan yang ada dengan sendirinya. Lingkungan alam diciptakan oleh Tuhan.
Contoh: gunung, danau, sungai, hutan, pulau, dan laut.
-       lingkungan buatan merupakan lingkungan yang dibuat oleh manusia. Lingkungan buatan dibuat untuk keperluan manusia.
Contoh: waduk, kolam, sawah, kebun, jalan, bangunan, stasiun, dan rumah sakit.

  1. Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Kita
Lingkungan alam di sekitar kita atau rumah kita misalnya gunung, sungai, dan laut, pantai, daratan, danau. Sedangkan lingkungan buatan di sekitar rumah kita misalnya taman, kebun bunga, dan kolam ikan, waduk, lahan pertanian, tambak,dan pemukiman penduduk.
.
  1. Manfaat Lingkungan Alam dan Buatan
1.      Manfaat Lingkungan Alam
a.    Gunung
Gunung merupakan gundukan tanah yang tinggi.  Banyak pohon tumbuh di gunung.  Sewaktu hujan, akar akan  menyerap air. Air hujan diserap di dalam tanah. Sehingga tidak terjadi banjir. Pada waktu musim kemarau, kita tidak akan kekurangan air. Di gunung juga terdapat air terjun dan pemandangan yang indah. Sehingga dapat dijadikan objek wisata. Selain itu, gunung bisa dijadikan objek pendakian bagi pencinta alam.
b.    Sungai
Sungai merupakan tempat air mengalir. Sungai dapat digunakan manusia, misalnya untuk mandi dan mencuci. Sungai dapat juga digunakan untuk mengairi sawah. Biasanya dinamakan dengan irigasi. Di sungai, orang dapat juga memelihara ikan. Sungai yang besar terdapat di Sumatra dan Kalimantan.

c. Pantai
Apakah kamu pernah pergi ke pantai? Apa mata pencaharian penduduk di sekitar pantai? Penduduk pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Nelayan menjual hasil tangkapannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kamu juga dapat menjumpai tambak di sekitar pantai. Pelabuhan bongkar muat barang dan transportasi antarpulau juga terdapat di pantai. Permukiman penduduk pantai memanjang mengikui garis panai. Pantai sangat penting bagi penduduk. Kita harus menjaga pantai dari kerusakan. Contoh perbuatan yang dapat kamu lakukan adalah tidak membuang sampah ke laut.
d. Daratan
Bentuk daratan muka bumi beranekaragam. Contohnya lembah, bukit, dan dataran. Lembah adalah cekungan yang lebih rendah daripada daerah di sekitarnya. Pada umumnya, lembah terletak di antara dua bukit atau gunung. Tanah di lembah bersifat subur. Tanah tersebut dimanfaatkan untuk pertanian.
Bukit adalah daerah berbentuk kubah dengan ketinggian 200 - 300 m. Bukit dimanfaatkan untuk lahan perkebunan. Pada umumnya kopi, cokelat, dan teh ditanam di perbukitan. Sedangkan dataran adalah daerah yang datar di daratan. Dataran dimanfaatkan manusia sebagai pusat kegiatan. Permukiman penduduk biasanya mengelompok di dataran.
e. Laut
Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah banyak dan luas, yang menggenangi dan membagi daratan menjadi benua atau pulau-pulau. Laut juga termasuk dalam kenampakan alam yang banya memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Laut menyimpan banyak kekayaan alam, seperti ikan dan mutiara. Di dasar laut juga banyak terdapat sumber daya alam, seperti minyak bumi dan gas. Laut menjadi sarana transportasi yang penting, baik dalam satu negara maupun antarnegara. Laut juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, seperti berenang, menyelam, ski air, selancar, dan perahu layar.
f.Danau
Danau merupakan kenampakan lingungan alam. Danau adalah sebuah cekungan di permukaan bumi (daratan), dimana jumlah air yang masuk lebih banyak daripada air yang keluar. Danau terjadi karena adanya cekungan di alam yang terisi air, baik dari air hujan maupun dari mata air yang ada di tempat tersebut. Danau juga dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air. Danau sangat bermanfaat bagi manusia. Manfaat danau bagi kehidupan manusia antara lain untuk budidaya ikan air tawar, tempat wisata, irigasi/pengairan sawah sarana olahraga (dayung).

2.      Manfaat Lingkungan Buatan
a.    Rumah
Rumah merupakan tempat kita berteduh. Rumah juga berguna untuk melindungi kita dari binatang buas.
b.     Sawah
Sawah banyak terdapat di daerah pedesaan. Sawah berguna bagi manusia. Sawah merupakan tempat menanam padi, jagung, dan palawija.
c.    Jalan
Jalan digunakan oleh manusia untuk sarana berpindah ke tempat lain. Jalan yang baik akan mempermudah kita men- capai tempat yang kita tuju.
d.    Gedung sekolah
Gedung sekoah merupakan tempat belajar bagi siswa. Kamu dapat bertemu teman baru di sekolah. Kamu juga bisa mendapat pengetahuan yang banyak di sekolah. Gedung sekolah ada bermacam-macam, misalnya bagi siswa SD, SLTP, dan SMU.
e.    Pasar
Di pasar biasanya dijual banyak barang, misalnya makanan, pakaian, dan alat-alat rumah tangga. Sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan membeli barang-barang di pasar
f.     Tambak
Usaha tambak dilakukan di daerah dekat pantai. Petani tambak menggunakan daerah pantai untuk usaha tambak udang dan bandeng. Udang dan bandeng merupakan sumber protein yang diperlukan tubuh kita.
g.    Perkebunan
pegunungan adalah jenis tanaman perkebunan yang bisa tumbuh dengan baik di daerah sejuk, seperti teh, kopi, dan tembakau.
h.    Pemukiman
Pemukiman penduduk merupakan suatu wilayah yang digunakan untuk tem- pat tinggal masyarakat. Pemukiman penduduk  juga termasuk dalam lingkungan buatan, karena kompleks pemukiman dibuat manusia untuk tujuan tertentu yaitu sebagai tempat tinggal. Kawasan pemukiman penduduk adalah suatu tempat berupa rumah-rumah yang dibangun pada lahan tertentu.
i.       Waduk
Waduk adalah wilayah yang khusus dibangun untuk menampung air untuk berbagai kepentingan manusia. Waduk dibuat manusia untuk menapung air hujan. Waduk juga sebagai tempat berkumpulnya aliran sungai atau tempat penampungan air di wilayah yang bersangkutan. Manfaat waduk bagi manusia antara lain :
1.      Pembangkit listrik
2.      Irigasi / pengairan sawah
3.      Budidaya ikan air tawar
4.      Tempat rekreasi
5.      Pengendalian banjir
6.      Kegiatan olahraga

  1. Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan
Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Kedua macam lingkungan tersebut harus kita pelihara dan dijaga kelestariannya. Upaya memelihara lingkungan alam dan buatan merupakan tanggung jawab kita semua. Maka kita harus melaksanakannya secara sungguh-sungguh.
Mengapa kita harus melestarikan lingkungan kita? Bagaimana caranya? Kita bisa menjaga atau melestarikan lingkungan. Kita bisa juga merusak lingkungan. Lingkungan yang terjaga sangat bermanfaat. Lingkungan yang bersih membuat kita nyaman, bukan?
Melestarikan lingkungan menjadi tanggung jawab semua orang. Kita harus menghindari perusakan lingkungan. Kita juga harus menghindari pengotoran kampung.
Lingkungan sekolah juga harus kita jaga. Kita harus menjaga kebersihan sekolah. Kalau sekolah kita bersih, kita akan merasa nyaman, bukan? Bagaimana memelihara lingkungan? Perhatikan contoh berikut ini!


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Tidak bagus hanya sedikit

Unknown mengatakan...

Tidak bagus hanya sedikit

Posting Komentar