model-model pembelajaran yang efektif
Model-model
pembelajaran yang efektif
1. EXAMPLES
NON EXAMPLES
CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN
KD
Langkah-langkah
:
a.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan
tujuan pembelajaran
b.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui OHP
c. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada
siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
d.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil
diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
e.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya
f.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru
mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
g.
Kesimpulan
2. PICTURE
AND PICTURE
Langkah-langkah
:
a.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.
Menyajikan materi sebagai pengantar
c.
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar
kegiatan berkaitan dengan materi
d.
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian
memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
e.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan
gambar tersebut
f.
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai
menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
g.
Kesimpulan/rangkuman
3. COOPERATIVE
SCRIPT
Skrip
kooperatif :
metode
belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan
mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah
:
a.
Guru membagi siswa untuk berpasangan
b.
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk
dibaca dan membuat ringkasan
c.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama
berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
d.
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap
mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara
pendengar :
e.
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang
kurang lengkap
f.
Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
g.
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar
menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
h.
Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
i.
Penutup
4. KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR
Langkah-langkah
:
a.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam
setiap kelompok mendapat nomor
b.
Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan
nomorkan terhadap tugas yang berangkai
Misalnya
:
siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan
siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
c.
Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar
kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa
siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas
yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
d.
Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang
lain
e.
Kesimpulan
5. STUDENT
TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
Langkah-langkah
:
a.
Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang
secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
b.
Guru menyajikan pelajaran
c.
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk
dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada
anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
d.
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa.
Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
e.
Memberi evaluasi
f.
Kesimpulan
6. JIGSAW
(MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah
:
a.
Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
b.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang
berbeda
c.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
d.
Anggota dari tim yang berbeda yang telah
mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok
ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
e.
Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap
anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka
tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan
sungguh-sungguh
f.
Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
g.
Guru memberi evaluasi
h.
Penutup
0 komentar:
Posting Komentar