Selasa, 21 Mei 2013

model-model pembelajaran yang efektif

Model-model pembelajaran yang efektif

 

1.  EXAMPLES NON EXAMPLES

CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD

Langkah-langkah :

a.      Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran

b.      Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP

c. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar

d.      Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas

e.      Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya

f.        Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai

g.      Kesimpulan

 

2.  PICTURE AND PICTURE

Langkah-langkah :

a.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

b.      Menyajikan materi sebagai pengantar

c.       Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi

d.      Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis

e.      Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut

f.        Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai

g.      Kesimpulan/rangkuman

 

3.  COOPERATIVE SCRIPT

Skrip kooperatif :

metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari

 

Langkah-langkah :

a.      Guru membagi siswa untuk berpasangan

b.      Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan

c.       Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar

d.      Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.

Sementara pendengar :

e.      Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap

f.        Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya

g.      Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.

h.      Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru

i.        Penutup

 

4.  KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

Langkah-langkah :

a.    Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor

b.    Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai

Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya

c.    Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka

d.    Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain

e.    Kesimpulan

 

5.  STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

Langkah-langkah :

a.    Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)

b.    Guru menyajikan pelajaran

c.    Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.

d.    Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu

e.    Memberi evaluasi

f.    Kesimpulan

 

6.  JIGSAW (MODEL TIM AHLI)

Langkah-langkah :

a.    Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim

b.    Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda

c.    Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan

d.    Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka

e.    Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh

f.    Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi

g.    Guru memberi evaluasi

h.    Penutup

 

 

 

 

 

 

 

 

         

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar