Rencana
Pelaksanan Pembelajaran IPS
( RPP IPS)
Pendidikan IPS
Nama Kelompok :
Dhahiru
Laila Ramadanti
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKLAH DSAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PEDIDIKAN
UNIVERSITAS
SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD MAKMUR SENTOSA
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas : III(Tiga)
Semester : 1(Satu)
Hari/Tanggal/Pertemuan :
....../....../.......
Alokasi Waktu
: 1 x 25 Menit
=====================================================================
I. Standar
Kompetensi
1. Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan di sekolah.
II. Kompetensi
Dasar
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah dan sekolah.
III. Indikator
:
Kognitif
1.1.1
Mengidentifikasi contoh-contoh lingkungan alam dan lingkungan
buatan.
1.1.2
Menyebutkan contoh-contoh lingkungan alam dan buatan.
Afektif
1.1.3
Kerjasama dalam menyusun hasil diskusi dalam kelompok
1.1.4
Menjelaskan lingkungan alam dengan lingkungan buatan di depan
kelas dengan percaya diri
Psikomotorik
1.1.5
Menyusun potongan gambar macam-macam lingkungan alam dan
buatan dalam bentuk puzzle
1.1.6
Mendemonstrasikan lingkungan alam dan buatan.
IV. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mampu mengidentifikasi contoh-contoh
lingkungan alam dan lingkungan buatan.
- Siswa mampu menyebutkan
contoh-contoh lingkungan alam dan buatan.
- Siswa mampu kerjasama dalam
menyusun hasil diskusi dalam kelompok
- Siswa mampu menjelaskan lingkungan
alam dengan lingkungan buatan di depan kelas dengan percaya diri
- Siswa mampu menyusun potongan
gambar macam-macam lingkungan alam dan buatan dalam bentuk puzzle
- Siswa mampu mendemonstrasikan
lingkungan alam dan buatan.
V. Materi
Pembelajaran
Lingkungan alam dan buatan (terlampir)
VI. Model dan Metode
Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran: Pembelajaran Kooperatif
Teknik Match and match
2. Metode Pembelajaran:
a. Ceramah singkat
b. Tanya jawab
c. Demonstrasi
d. Diskusi
e. Penugasan
VII. Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi :
ü
Guru
membuka pelajaran dengan memberi salam dan berdoa bersama yang dipimpin oleh
salah satu siswa.
ü Guru menanyakan atau
mengecek kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran
ü Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
Orientasi
:
ü
siswa diberi pertanyaan mengenai
lingkungan alam dan buatan :
1. Lingkungan alam atau buatan apa saja yang kalian lihat ketika kalian
berangkat sekolah?
2. Siapa yang tadi pagi berangkat sekolah melewati sungai ?
3. Siapa yang dirumah mempunyai kolam ikan ?
Motivasi :
ü Guru memotivasi siswa
dengan mengajak bernyanyi “Naik naik ke puncak gunung”
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa diberi satu
pertanyaan atau jawaban untuk dijodohkan
- Siswa
dibagi ke dalam 5 kelompok sesuai
dengan nomor undian yang diambil, masing-masing kelompok 4 - 5 orang
- Guru menanyakan maksud dari
pertanyaan dan jawaban dalam kegiatan menjodohkan.
Elaborasi
-Siswa diberikan potongan
puzzle dan diminta untuk menyusunnya sehingga membentuk gambar kenampakan
alam
- Siswa mendemonstrasikan gambar kenampakan alam
yang telah disusun
Konfirmasi
-Guru menjelaskan mengenai kenampakan alam secara
singkat dengan mjenggunakan media yang telah disediakan
-Siswa dan guru melakukan tanya jawab, mengenai
kenampakan alam dan buatan
|
15 menit
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
-Siswa diberikan
lembar kerja siswa sebagai pekerjaan rumah secara kelompok
- Guru memberi
informasi materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
- Doa dan salam penutup.
|
5 menit
|
VIII. Penilaian ( Terlampir )
- Penilaian Non Tes
- Penilaaian Tes
IX. Sumber
Belajar dan Media Pembelajaran
1.
Lingkungan kelas
2.
Buku Sekolah Elektronik ( BSE )
3.
Pengalaman siswa
4.
Foto/gambar lingkungan alam dan buatan
Yogyakarta, 21 Mei 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Kelas
( ........................) (.............................)
DO THE BEST FOR YOUR DREAM TO BE A TEACHER .........
DO THE BEST FOR YOUR DREAM TO BE A TEACHER .........
3 komentar:
Sangat membantu. Terimakasih. Janganlah jd guru kalau hanya mengharap gaji. Haha.
Lampiran penilaian nya boleh liat ga kak?
Mau dong lampiran penilsiannya bahan pembelajaran
Posting Komentar